WatZap Docs
  • SETTING 2FA
    • Cara Setting 2FA Google Authenticator
    • Cara Setting 2FA WhatsApp OTP
    • Cara Setting 2FA Email OTP
  • Connect to WhatsApp
    • Cara Connect Nomor WhatsApp
    • Perbedaan Nomor Broadcast dan API
    • Apa Itu Auto Warmer
    • Cara Disconnect dan Hapus Nomor WA
    • Solusi Gagal Scan QR Code
    • Cara Kirim Pesan WhatsApp Percobaan
    • Tips Anti-Banned WhatsApp
  • Custom Domain
    • Cara Konfigurasi Custom Domain
    • Kenapa Muncul Notifikasi "Gagal Verifikasi CNAME & TXT"
    • Cara Ubah Tampilan WatZap.id
    • Cara Hapus/Ganti Sub Domain
  • Broadcast
    • Cara Membuat Broadcast WhatsApp
    • Cara Schedule Broadcast WhatsApp
    • Cara Resend Broadcast Failed
    • Cara Delete Invalid Number
    • Penjelasan Fitur A/B Testing
    • Penjelasan Fitur Variable
    • Penjelasan Fitur Bad Word Detection
    • Penjelasan Fitur Spintax Replacement
    • Penjelasan Fitur Interactive Messages
    • Penjelasan Fitur Sending Speed
    • Penjelasan Fitur Allow Unsubscribe
    • Penjelasan Fitur Perfect Timing
    • Penjelasan Fitur Track Link Klik
    • Solusi Broadcast Berhenti/Tidak Berjalan
    • Cara Membaca Data Laporan Hasil Broadcast
  • List
    • Membuat List Baru
    • Impor Kontak dari Group Grabber
    • Impor Kontak dari WhatsApp
    • Impor Kontak dari File EXCEL/CSV/TXT
    • Impor Kontak Manual
    • Penjelasan Mengenai Hasil Sync WhatsApp / Group Grabber Kosong
    • Penjelasan Fitur “Column” di List
  • Auto Engage
    • Cara Menggunakan Auto Follow Up
    • Cara Menggunakan Smart Bot Action
    • Cara Menggunakan Daily Leads
  • Automation
    • Cara Membuat Text Replies
    • Penjelasan Tentang Smart Auto Reply
    • Cara Membuat Welcome Chat
    • Cara Membuat Home Chat
    • Cara Membuat Custom by Keyword
    • Cara Menggunakan Auto Reply Timer
    • Cara Menggunakan Custom Rules
    • Apa Itu “Frequency per Person”?
  • Multi-user WhatsApp Web
    • Apa Itu Multi-user WhatsApp Web
    • Cara Kirim File / Lampiran
    • Tips Agar Stabil dan Tidak Putus-putus
  • Toolkit
    • Menambahkan Operator Baru
    • Menggunakan Link Generator / Rotator
    • Membuat Live Chat (Widget)
    • Memasang Live Chat (Widget) ke Website
  • Integrations
    • Menambahkan Nomor WA untuk API
    • Mendapatkan API Key di Member Area
    • Mendapatkan Number Key untuk API
    • Integrasi dengan OrderOnline.id
    • Integrasi dengan Scalev.id
    • Integrasi dengan Sejoli
    • Integrasi dengan Google Form
    • Integrasi dengan Google Spreadsheet x Zapier
    • Integrasi dengan LandingPress
    • Integrasi dengan Elementor
    • Integrasi dengan WPForms
    • Integrasi dengan Contact Form 7
    • Integrasi dengan KIRIM.EMAIL
    • Integrasi dengan WooCommerce
    • Integrasi dengan Berdu.id
    • Integrasi dengan Themefood.id
    • Integrasi dengan Gmail x Zapier
  • Meta Conversion API
    • Cara Mendapatkan Access Token & Pixel ID
    • Cara Menambahkan Event Baru
  • My Account
    • Ganti Password dan Nomor HP
    • Cara Reset Password (Jika Lupa)
    • Cek Invoice dan Riwayat Transaksi
  • Team Member
    • Cara Menambahkan Anggota/Member Baru di Akun WatZap
    • Perbedaan Team Member dengan Operator
    • Apa Saja yang Bisa & Tidak Bisa Dilakukan oleh Anggota (Selain Admin)?
  • Subscription
    • Cara Perpanjang Paket Langganan
    • Cara Mengganti Paket Langganan
    • Apa itu Prorate Usage?
  • Affiliate Program
    • Daftar Jadi Affiliate WatZap
    • Ubah Data Rekening Bank Affiliate
    • Apa Keuntungan Menjadi Affiliate?
    • Membuat Kupon Diskon Tambahan
    • Apakah Komisi Bersifat Recurring/Berulang?
    • Apakah Sudah Tersedia Marketing Assets-nya?
    • Kenapa Saya Mendapatkan Email “Komisi Invalid”?
    • Kapan Komisi Saya Akan Dicairkan ke Rekening Bank?
Powered by GitBook
On this page
  • 1. Nomor yang Baru Mendaftar, Harus Dilakukan Pemanasan
  • 2. Jika Baru Daftar WhatsApp, Jangan Langsung Scan WhatsApp Web
  • 3. Pastikan Penerima Broadcast Mengetahui Siapa Kamu
  • 4. Jika Diblokir, Clear Data WhatsApp di HP Tersebut
  • 5. Hindari Melakukan Double Activity
  • 6. Jangan Sebar Link Phising atau Konten Negatif
  • 7. Jangan Gunakan WhatsApp Cloning/WhatsApp GB/Emulator Android
  • 8. Lengkapi Profil Jika Menggunakan WhatsApp Business
  • 9. Laporan dari Penerima Pesan
  • 10. Jika Terlanjur di-Banned, Silakan Ajukan Banding (Review Ulang)
  1. Connect to WhatsApp

Tips Anti-Banned WhatsApp

PreviousCara Kirim Pesan WhatsApp PercobaanNextCara Konfigurasi Custom Domain

Last updated 1 year ago

WhatsApp memiliki sistem keamanan yang bisa mendeteksi adanya tindakan yang mencurigakan pada akun WhatsApp Anda. Jika terdeteksi, maka otomatis WhatsApp akan memblokir nomor tersebut.

Nah, WhatsApp juga terkadang melakukan blokir secara random. Biasanya WhatsApp melakukan blokir secara random dalam 3 tahap akun WhatsApp tersebut, yaitu:

  1. Saat Pendaftaran

  2. Saat Mengirim Pesan

  3. Respon terhadap umpan balik dari penerima pesan

Nah, berdasarkan informasi yang diberikan oleh WhatsApp, berikut ini beberapa penyebab dan solusi mengatasi nomor WhatsApp yang di-banned.

1. Nomor yang Baru Mendaftar, Harus Dilakukan Pemanasan

Jika kamu menggunakan nomor baru, maka ada baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum mengirimkan broadcast.

Jangan langsung mengirim pesan ke banyak nomor sekaligus saat Kamu menggunakan nomor baru.

Lakukanlah pemanasan dengan cara sebagai berikut:

  • Mula-mula, simpan kontak WhatsApp terlebih dahulu.

  • Kemudian, silahkan lakukan percakapan ‘dummy’ ke kontak-kontak tersebut. Jangan langsung sekaligus, tapi secara bertahap.

  • Selanjutnya, pastikan kontak penerima pesan menyimpan nomor si pengirim.

  • Jangan hanya saling mengirim teks saja, tapi juga saling bertukar gambar, audio, video, PDF, atau file lainnya.

  • Boleh juga diserta dengan panggilan telepon atau video call.

Nah, lakukan proses pemanasan tersebut secara rutin selama kurang lebih 1-3 hari ke minimal 10 kontak WhatsApp.

2. Jika Baru Daftar WhatsApp, Jangan Langsung Scan WhatsApp Web

Saat baru mendaftar di WhatsApp, maka hindari juga untuk langsung melakukan scan WhatsApp Web terlebih dahulu, karena hal tersebut termasuk salah satu penyebab nomor baru Kamu terkena banned.

Ada baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar WhatsApp tidak mendeteksi nomor Kamu melakukan kecurangan.

3. Pastikan Penerima Broadcast Mengetahui Siapa Kamu

Hindari mengirim pesan ke nomor yang tidak Kamu kenal. Hal itu karena akan membuat si penerima pesan melakukan pemblokiran terhadap nomor kamu, sehingga WhatsApp akan mendeteksi bahwa nomor Kamu melakukan penyalahgunaan.

Sebaiknya, pada saat pelanggan atau customer Kamu melakukan pemesanan ke kamu, buat perjanjian kepada mereka bahwa kamu akan mengirimkan promosi atau detail pembelanjaan via WhatsApp. Sehingga, pelanggan mengetahui bahwa nomor WhatsApp yang mengirimkan pesan adalah nomor usaha Kamu.

4. Jika Diblokir, Clear Data WhatsApp di HP Tersebut

Misalnya WhatsApp memblokir nomor kamu, lalu kamu melakukan registrasi kembali menggunakan jaringan atau perangkat yang sama dengan nomor yang diblokir, maka nomor yang baru kamu registrasikan akan langsung diblokir.

Karena WhatsApp mendeteksi bahwa nomor Kamu melakukan registrasi secara berkelompok.

Nah, untuk solusinya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tidak langsung diblokir oleh WhatsApp, yaitu:

  • Untuk pengguna Android, WAJIB melakukan Clear Data aplikasi terlebih dahulu, sedangkan untuk pengguna iOS, silahkan Install Ulang WhatsApp kamu sebelum mendaftarkan nomor baru lagi.

  • Silahkan daftar menggunakan koneksi internet/WiFi yang berbeda dengan yang sebelumnya.

  • Jika mendaftar menggunakan VPN, pastikan terhubung ke Negara yang sesuai dengan nomor WhatsApp yang Kamu daftarkan. Contohnya +62 = Indonesia.

5. Hindari Melakukan Double Activity

Double Activity di sini ditujukan jika kamu melakukan 2 aktivitas sekaligus. Misalnya saat Kamu sedang mengirim Broadcast, maka ada baiknya hindari untuk melakukan balas chat secara bersamaan selama proses pengiriman Broadcast.

6. Jangan Sebar Link Phising atau Konten Negatif

WhatsApp juga bisa mendeteksi Link yang Kamu kirimkan ke orang lain phising atau bukan. Jika link yang Kamu kirimkan adalah link phising, maka WhatsApp akan langsung memblokir nomor WhatsApp kamu.

Selain itu, konten negatif seperti judi online, ajakan KTA, pinjaman online, pornografi, atau yang mengandung SARA juga tidak luput dari pemblokiran WhatsApp.

Disarankan untuk menggunakan URL yang sudah menggunakan “https”.

7. Jangan Gunakan WhatsApp Cloning/WhatsApp GB/Emulator Android

Penggunaan WhatsApp Cloning, WhatsApp GB, atau Emulator Android juga bisa jadi penyebab Kamu terkena banned dari WhatsApp.

Oleh sebab itu, hindari penggunaan WhatsApp Cloning, WhatsApp GB, atau Emulator Android.

8. Lengkapi Profil Jika Menggunakan WhatsApp Business

Jika Kamu menggunakan WhatsApp Business, ada baiknya untuk melengkapi seluruh profil seperti Nama Bisnis, Kategori, Deskripsi, Lokasi Bisnis, Email, Website, hingga menambahkan Facebook dan Instagram.

Dengan begitu, WhatsApp akan berpikir bahwa nomor yang digunakan oleh Kamu terbukti tidak menggunakan bot.

9. Laporan dari Penerima Pesan

Laporan dari Pengguna lain juga jadi suatu informasi bagi WhatsApp untuk memblokir nomor Kamu.

Nah, untuk mengatasi hal itu, ada beberapa tips yang bisa Kamu lakukan agar bisa meminimalisir blok dari penerima pesan.

  1. Pastikan nomor penerima pesan mengenal siapa Kamu. Oleh sebab itu, tidak disarankan mengirim broadcast ke nomor tidak dikenal.

  2. Jangan membeli database nomor!

10. Jika Terlanjur di-Banned, Silakan Ajukan Banding (Review Ulang)

Jika nomor WhatsApp Kamu terlanjur di-Banned, silahkan mengajukan banding agar WhatsApp bisa mengaktifkan kembali nomor WhatsApp tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengajukan banding terhadap WhatsApp, yaitu:

1. Langsung Ajukan Banding

Jika nomor WhatsApp Kamu terlanjur di-banned, kamu bisa langsung mengajukan banding agar nomor Kamu bisa aktif kembali.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Mula-mula klik tombol "Periksa status tinjauan".

  • Selanjutnya, silahkan isi pesan permohonan untuk mencabut banned WhatsApp. Lebih disarankan untuk menggunakan Bahasa Inggris agar lebih cepat proses permohonannya.

  • Sekarang kamu tinggal menunggu proses pengajuan banding dari WhatsApp. Jika berhasil, maka nomor Kamu yang di-banned akan bisa digunakan kembali.

2. Ajukan Banding ke Pihak WhatsApp

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan jika nomor terkena Banned WhatsApp adalah dengan mengirimkan Email untuk pengajuan banding ke pihak WhatsApp.

Cara ini terbagi menjadi 2 cara, tergantung dari WhatsApp yang Kamu gunakan.

A. Jika Menggunakan WhatsApp Business

B. Jika Menggunakan WhatsApp Biasa

Pada form tersebut, Kamu bisa isi dengan nomor WhatsApp yang diblokir, email Kamu, perangkat yang kamu gunakan, dan pesan yang berisikan permohonan untuk mencabut banned.

Setelah itu, kamu bisa menunggu beberapa saat hingga mendapat balasan dari WhatsApp. Nantinya kamu tinggal ikuti instruksi yang dikirimkan di email agar bisa mengaktifkan nomor WhatsApp Kamu kembali.

Nah, ada beberapa kalimat permohonan yang bisa kamu gunakan pada saat mengajukan banding ulang ke WhatsApp.

Contoh kalimat permohonan untuk mengajukan banding ulang ke WhatsApp:

  1. Indonesia: “Nomor yang terkena blokir ini tersimpan semua data customer saya, jadi tolong segera dibuka kembali blokirnya.” English: "The blocked number contains all of my customer data, so please unblock it as soon as possible."

  2. Indonesia: “Saya ingin mengajukan permohonan banding terkait pemblokiran nomor WhatsApp saya. Saya merasa bahwa blokir ini mungkin merupakan kesalahan atau ada ketidakpahaman, dan saya berharap untuk mendapatkan akses kembali ke layanan WhatsApp secepatnya. Saya siap untuk memberikan informasi tambahan jika diperlukan dalam proses ini. Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.” English: "I would like to submit an appeal regarding the blocking of my WhatsApp number. I believe that this block may be a mistake or a misunderstanding, and I hope to regain access to WhatsApp services as soon as possible. I am ready to provide additional information if needed in this process. Thank you for your attention and assistance."

  3. Indonesia: “Dengan hormat, Saya ingin mengajukan permohonan ajuan banding terkait pemblokiran nomor WhatsApp saya. Saya yakin bahwa pemblokiran ini mungkin terjadi karena kesalahan atau kekeliruan, dan saya berharap agar pihak WhatsApp dapat memeriksa ulang kondisi ini. Saya sangat bergantung pada layanan WhatsApp dalam komunikasi sehari-hari saya, baik untuk urusan pribadi maupun bisnis. Kehilangan akses ini berdampak signifikan pada produktivitas dan konektivitas saya. Saya ingin memberikan jaminan bahwa saya akan mengikuti semua peraturan dan pedoman yang berlaku dalam menggunakan WhatsApp, dan saya berkomitmen untuk menjaga integritas dan keamanan platform ini. Terima kasih atas perhatian Anda, dan saya harap permohonan saya dapat dipertimbangkan dengan segera agar saya dapat kembali menggunakan layanan WhatsApp dengan normal. Saya siap memberikan informasi tambahan yang diperlukan untuk mendukung permohonan ini." English: "Dear WhatsApp,

    I would like to submit an appeal regarding the blocking of my WhatsApp number. I am confident that this blocking may have occurred due to an error or misunderstanding, and I hope that WhatsApp can reevaluate this situation. I heavily rely on WhatsApp for my daily communication, both for personal and business matters. Losing access has a significant impact on my productivity and connectivity. I want to assure you that I will adhere to all the applicable rules and guidelines when using WhatsApp, and I am committed to maintaining the integrity and security of this platform.

    Thank you for your attention, and I hope my request can be considered promptly so that I can return to using WhatsApp as usual. I am ready to provide any additional information required to support this request."

Jika proses pemanasan sudah selesai, baru kamu bisa ke banyak kontak secara bertahap.

Gunakan yang ada di WatZap.id, sehingga penerima pesan punya pilihan untuk tidak menerima pesan Kamu lagi daripada harus memblokir Kamu.

Jika Kamu menggunakan WhatsApp Business, maka Kamu bisa mengirimkan pesan ke email berisi permohonan untuk mencabut banned tersebut serta ceritakan masalah yang terjadi.

Jika Kamu menggunakan WhatsApp biasa, maka Kamu bisa mengisi Form pada halaman untuk mengajukan permohonan banding ke pihak WhatsApp.

melakukan broadcast
fitur “Allow Unsubscribe”
smb_web@support.whatsapp.com
Bantuan WhatsApp