Integrasi dengan Scalev.id
Last updated
Last updated
Dengan mengintegrasikan Scalev ke WatZap, Kamu bisa dengan mudah mengirimkan pesan notifikasi WhatsApp secara otomatis setiap ada pembelian baru dari pelanggan Kamu.
Kamu bisa mengirimkan pesan Follow Up secara otomatis dari Day 1 - Day 4 kepada pelanggan yang belum melakukan pembayaran.
Bahkan saat update status orderan pelanggan Kamu di Scalev, sistem kami secara otomatis bisa mengirimkan pesan notifikasi ke nomor WhatsApp pelanggan terkait update orderan yang Kamu lakukan.
Untuk mengintegrasikan Scalev.id dengan WatZap.id, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:
Pertama, pastikan Kamu sudah memiliki akun Scalev.id. Jika sudah memiliki akun Scalev.id, masuk ke dalam dasbor WatZap.id.
Kemudian masuk ke menu WhatsApp dan pilih menu API. Silakan assign minimal 1 nomor WhatsApp yang akan digunakan sebagai nomor pengirim notifikasi.
Setelah itu, kunjungi menu API Key & Apps.
Cari logo Scalev.id dan klik tombol Integrate.
Lalu masukkan Client ID yang ada di akun Scalev.id Kamu ke kolom ini.
Kamu bisa dapatkan Client ID nya di dengan cara kunjungi menu Settings di dalam akun Scalev.id Kamu.
Pilih menu Developers.
Copy Client ID yang ada di bagian bawah API Credentials.
Paste Client ID nya ke dalam dasbor WatZap dan klik tombol SAVE CLIENT ID.
Klik tombol OK.
Kemudian, Kamu akan diarahkan ke halaman settings Text Follow Up Scalev.id.
Kamu bisa gunakan template follow up text dari WatZap dengan klik tombol Reset to Default.
Selain itu, Kamu juga bisa variasikan isi follow up teks nya sesuai dengan kebutuhan.
Keterangan:
Follow Up Text: Isi pesan yang bisa Kamu atur sesuai dengan keinginan. Mulai dari New Order, Follow Up 1, Follow Up 2, Follow Up 3, Follow Up 4, Status Order, hingga Up Selling.
Status: Supaya bisa mengaktifkan fitur Auto Send untuk follow up pelanggan secara otomatis. Jika toggle Status masih berwarna merah dengan keterangan OFF, artinya pengiriman pesan otomatis belum aktif. Sedangkan, apabila toggle Status nya sudah ON dan berwarna biru, artinya pengiriman pesan notifikasi secara otomatis sudah aktif.
Assigned Number: Nomor yang digunakan untuk mengirimkan pesan otomatis ke nomor WhatsApp pelanggan Kamu.
Time to Send: Waktu pengiriman pesan otomatis, Kamu bisa atur sesuai dengan kebutuhan.
Day: Hari pengiriman pesan otomatis. Misalnya kamu setting Day 1, maka pengiriman pesan otomatis berjalan 1 hari setelah pelanggan kamu isi form order dan begitu seterusnya.
Hour: Jam pengiriman pesan. Misalnya kamu setting Hour 1, maka pengiriman pesan notifikasi berjalan di jam 1 pagi dan begitu seterusnya.
Variabel Text: Tombol untuk personalisasi pesan yang memungkinkan setiap pelanggan menerima pesan dengan informasi yang sesuai dengan pilihan.
Upload Image: Tombol untuk memasukkan file gambar yang ingin Kamu kirimkan ke pelanggan saat Follow Up Text aktif.
Reset to Default: Tombol untuk mengembalikkan isi pesan follow up ke settingan bawaan dari sistem Kami.
Pastikan sudah setting text follow up nya, ubah Status menjadi ON dan pilih nomor WhatsApp di bagian Assigned Number.
Jika sudah selesai mengatur semuanya, Kamu bisa langsung klik tombol Save. Selesai.