Integrasi dengan WooCommerce

Dengan mengintegrasikan WooCommerce Kamu ke WatZap, maka Kamu bisa mengirimkan pesan WhatsApp otomatis ke pelanggan jika dia melakukan order baru.

Kamu juga bisa membuat pesan follow up otomatis day 1 – day 7 kepada pelanggan, serta juga bisa membuat pesan otomatis untuk pengingat pembayaran.

Untuk mengintegrasikan WooCommerce dengan WatZap, Kamu bisa cek video tutorial berikut ini.

Jadi untuk mengintegrasikan WooCommerce dengan WatZap, mula-mula Kamu masuk ke menu API Keys & Apps.

Kemudian pastikan ada minimal 1 nomor yang dihubungkan ke API.

Setelah itu, pastikan juga Kamu sudah memasang plugin WooCommerce di WordPress Kamu.

Kamu juga perlu download dan install plugin WatZap for WordPress. Untuk download plugin WatZap for WordPress, Kamu bisa klik pada bagian “Download WordPress API Plugin“.

Untuk langkah selanjutnya, Kamu perlu memasang plugin WatZap di WordPress. Untuk cara pasangnya sama seperti memasang plugin pada umumnya, dimana Kamu tinggal import saja file plugin WatZap yang sudah di-download sebelumnya.

Setelah plugin WatZap terpasang di WordPress Kamu, maka akan muncul menu WatZap. Untuk mengintegrasikan WatZap ke WooCommerce. Kamu bisa klik menu tersebut.

Akan muncul tampilan seperti ini. Pada bagian API Key, silahkan isi dengan API Key WatZap yang bisa Kamu temukan pada menu API Keys & Apps di WatZap.

Jika sudah diisi, klik Connect Now.

Maka akan muncul notifikasi bahwa WatZap telah berhasil terhubung.

Kamu bisa masuk ke menu WooCommerce untuk mulai mengatur pesan otomatis yang nantinya akan dikirimkan pelanggan/customer.

Keterangan:

  • Template Messages: Pada tab ini Kamu bisa mengatur segala template message yang akan dikirimkan ke Customer, seperti pesan setelah melakukan checkout, orderan yang diproses, hingga orderan yang gagal.

  • Follow Up Order: Sesuai dengan namanya, pada tab ini Kamu bisa mengatur seluruh isi pesan Follow Up mulai dari Day 1 hingga Day 7.

  • Seller Notification: Pada tab ini Kamu bisa mengatur pesan otomatis mana saja yang akan dikirimkan ke Kamu sebagai penjual, contohnya seperti orderan baru, orderan gagal, orderan refund, dan lain sebagainya.

  • Settings: Pada tab ini Kamu bisa mengatur nomor Seller Notification, menambahkan Country Code di form WooCommerce, hingga mengatur check box untuk notifikasi order di form WooCommerce.

Last updated