Cara Menambahkan Event Baru
Last updated
Last updated
Meta Conversion API adalah fitur yang bisa digunakan untuk memantau aktivitas customer setelah berinteraksi dengan iklan di platform seperti Facebook atau Instagram.
Dengan fitur ini, Kamu dapat mengevaluasi efektivitas kampanye iklan mereka dalam mendorong konversi, seperti transaksi pembelian, pendaftaran, atau tindakan lain yang telah dikonfigurasi dalam tracking event Meta Ads.
Melalui fitur ini, kamu dapat melacak berbagai event, seperti Purchase atau Add To Cart, hanya dengan mendeteksi respons customer kamu, baik saat mereka membalas pesan maupun sekadar membaca pesan yang telah dikirim.
Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:
Pertama, kunjungi menu Meta Conversion API.
Setelah itu, klik tombol New Event.
Lalu pilih Pixel Event di bagian Event Name.
📌 Penjelasan Pixel Event.
- Page View: Terjadi saat seseorang membuka halaman website.
- Lead: Menandakan bahwa seseorang menunjukkan ketertarikan, misalnya mengisi formulir kontak.
- Add to Cart: Untuk menambahkan produk ke keranjang belanja.
- Add Payment Info: Untuk memasukkan informasi pembayaran, seperti kartu kredit.
- Initiate Checkout: Untuk mulai proses checkout untuk menyelesaikan pembelian.
- Purchase: Customer berhasil melakukan pembelian dilakukan.
- Complete Registration: Customer menyelesaikan pendaftaran akun atau layanan.
- Contact: Customer menghubungi bisnis, misalnya melalui WhatsApp atau email.
- Add to Wishlist: Produk ditambahkan ke daftar keinginan (wishlist).
- Customize Product: Customer menyesuaikan produk sebelum membeli (misalnya memilih warna atau ukuran).
- Donate: Customer melakukan donasi.
- Find Location / Ask Location: Customer mencari atau meminta lokasi bisnis.
- Schedule: Customer membuat janji atau menjadwalkan pertemuan.
- Search: Customer melakukan pencarian di dalam website atau aplikasi.
- Start Trial: Customer memulai uji coba layanan atau produk.
- Submit Data: Customer mengirimkan data, seperti formulir atau survei.
- Subscribe: Customer berlangganan layanan atau newsletter.
Kemudian isi kolom Product Name, lalu pilih Currency atau mata uangnya, dan masukkan Price atau harganya.
Setelah selesai setting Event nya, klik tombol Validate Event.
Jika data Meta Pixel ID dan Conversion API Token yang dimasukkan sudah valid, maka tampilannya event yang berhasil Kamu buat akan muncul seperti ini.
Selesai.
Selanjutnya, masukkan Trigger Name, Meta Pixel ID, dan Conversion API Token. Kamu bisa mendapatkan data seperti Meta Pixel ID dan Conversion API Token dengan login ke akun Kamu.
Setelah Event berhasil disimpan, kamu dapat menggunakannya di berbagai fitur, seperti , , dan .