Cara Membuat Smart Bot Action
Last updated
Last updated
Smart Bot Action merupakan fitur yang berguna untuk Reply Messages atau membalas pesan customer secara otomatis. Dengan menggunakan fitur ini, Kamu bisa memunculkan beberapa jawaban dalam bentuk teks, link, gambar, file pdf, dokumen, dan excel.
Selain itu, fitur ini juga bisa gunakan untuk trigger action seperti Add to List, Remove from List, Call Webhook, Save to Daily Leads, Stop Auto Follow Up, dan Trigger Meta Pixel Event.
Nah, untuk cara membuat Smart Bot Action bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.
Pertama, pastikan nomor dengan WatZap.
Setelah itu, buat bot nya dengan cara kunjungi menu Smart Bot Action.
Lalu klik tombol New Smart Bot.
Masukkan nama Bot dan pilih nomor WhatsApp nya. Jika sudah, klik tombol Create.
Tampilan sudah berhasil buat Bot.
Kemudian, klik Open yang digambarkan dengan icon mata.
Klik tombol New Action untuk membuat Action Bot nya.
Berikan nama Action, pilih Variabel, Condition, masukkan Value sesuai dengan kebutuhan, dan ubah Status menjadi Running.
📌 Variabel
- Text Messages = Bot hanya ke trigger atau muncul saat menggunakan Condition Equals, Contains, Starts With, Ends With, atau All Messages.
- Cellular Provider = Bot hanya ke trigger atau muncul saat menggunakan Condition Telkomsel, Indosat, Tri, Smartfren, AXIS, atau XL Axiata.
- Country = Bot hanya ke trigger atau muncul saat memilih kode Negara yang tersedia.
📌 Condition Text Messages
1. Equals
Cara kerja:
- Bot akan merespon jika pesan dari customer sama persis dengan value yang disetting (termasuk huruf besar/kecil dan spasi).
- Bot tidak akan ke trigger saat ada tambahan karakter atau kata-kata di awal atau akhir value.
Contoh:
- Value: "harga"
- Chat customer: "harga" → ✅ bot muncul
- Chat customer: "harga berapa" → ❌ bot tidak muncul
- Chat customer: "saya mau tanya harga" → ❌ bot tidak muncul
2. Contains
Cara kerja:
- Bot akan merespon jika value yang disetting terdapat di bagian mana pun dalam pesan.
- Tidak masalah jika ada kata di depan, tengah, atau belakang.
Contoh:
- Value: "harga"
- Chat customer: "harga" → ✅ bot muncul
- Chat customer: "berapa ya harga" → ✅ bot muncul
- Chat customer: "saya mau tanya harga" → ✅ bot muncul
3. Starts With
Cara kerja:
- Bot akan merespon jika pesan diawali dengan value yang disetting.
- Boleh ada tambahan kata di belakang.
Contoh:
- Value: "harga"
- Chat customer: "harga" → ✅ bot muncul
- Chat customer: "harga berapa ya?" → ✅ bot muncul
- Chat customer: "saya mau tanya harga" → ❌ bot tidak muncul
4. Ends With
Cara kerja:
- Bot akan merespon jika pesan diakhiri dengan value yang disetting.
- Boleh ada tambahan kata di depan.
Contoh:
- Value: "harga"
- Chat customer: "harga" → ✅ bot muncul
- Chat customer: "mau nanya harga harga" → ✅ bot muncul
- Chat customer: "harga berapa kak?" → ❌ bot tidak muncul
5. All Messages
Cara kerja:
- Bot akan merespon semua pesan yang masuk dari user, tanpa memandang isi pesan.
- Cocok digunakan jika ingin memberikan respon otomatis secara umum (misalnya, sapaan awal, pesan default, atau ketika tidak ada keyword yang cocok).
Contoh:
- Value: (tidak perlu diisi)
- Chat customer: "halo" → ✅ bot muncul
- Chat customer: "saya mau tanya" → ✅ bot muncul
- Chat customer: "berapa harga produk ini?" → ✅ bot muncul
Setelah selesai setting Variabel, Conditon, dan Value, Kamu bisa pilih Frequency per person untuk menentukan bot muncul setiap berapa menit sekali. Delay ini hanya berlaku per Action bot.
Misalnya diset "Once per 15 minutes", maka bot hanya akan merespon 1 kali dalam 15 menit untuk tiap orang, meskipun orang tersebut mengirim banyak pesan.
Fitur ini bertujuan untuk meminimalisir spam bot saat customer chat dengan rule (Variabel, Condition, Value) yang sama dalam waktu yang berdekatan.
Pada bagian “Trigger your own reply” ini saat diaktifkan (ON), maka bot hanya akan ke trigger saat Kamu sendiri yang chat ke nomor customer Kamu dengan rule (Variabel, Condition, Value) yang sesuai settingan.
Settingan ON tersebut berguna untuk menghapus database customer kamu secara otomatis dari List jika mereka sudah order produk atau jasa yang Kamu tawarkan.
Sebaliknya, jika trigger ini dinonaktifkan (OFF), maka bot hanya akan ke trigger saat ada pesan yang masuk di WhatsApp dari Customer ke nomor bot Kamu.
Settingan OFF tersebut berguna untuk balas pesan sekaligus follow up customer Kamu secara otomatis.
Setelah itu, Kamu bisa pilih Action Type seperti Reply Messages untuk setting jawaban otomatis yang akan muncul di WhatsApp saat ada customer chat ke nomor Kamu.
Fungsi Action Type yang lainnya:
- Add to List berfungsi untuk memasukkan dan menyimpan database customer Kamu secara otomatis ke menu List.
- Remove from List berfungsi untuk menghapus database customer Kamu yang ada di menu List secara otomatis.
- Call Webhook berfungsi untuk mendeteksi atau tracking database customer Kamu saat mereka melakukan aktivitas chat d WhatsApp yang mana ini bisa dicek langsung dari sistem internal Kamu.
- Save to Daily Leads berfungsi untuk memasukkan dan menyimpan database customer Kamu secara otomatis ke menu Daily Leads.
- Stop Auto Follow Up berfungsi untuk memberhentikan pengiriman pesan otomatis yang di settings di menu Auto Follow Up dengan kata-kata tertentu.
- Trigger Meta Pixel Event berfungsi untuk memanggil event yang sudah dibuat di menu Meta Conversion API. Fitur ini berguna untuk mendeteksi jumlah leads atau customer yang masuk berdasarkan chat di WhatsApp Kamu dan bisa dicek langsung jumlahnya yang di akun Meta Business Facebook Kamu.
Setelah itu, isi kolom Reply Messages nya sesuai dengan kebutuhan.
Klik tombol Save atau Save & Exit.
Tampilan saat sudah berhasil buat action bot.
Dengan begitu, bot akan secara otomatis aktif dan akan ke trigger jika ada customer yang menghubungi Kamu di WhatsApp.
Selesai.